Pengertian Konveksi Adalah
Info

Ini Lho Pengertian Konveksi Yang Sebenarnya, Jangan Keliru

Secara sederhana, pengertian konveksi adalah sebuah industri yang memproduksi pakaian jadi dalam jumlah besar (bukan satuan). Pakaian yang diproduksi meliputi baju, celana, jaket, seragam, dan sebagainya. Proses bisnis ini dapat dibilang tidak begitu rumit, yaitu mengubah bahan kain atau pakaian setengah jadi menjadi pakaian yang utuh dengan model yang sudah ditentukan oleh pemesan.

Desain Model Pakaian -> Pemotongan Kain -> Penjahitan -> Merapikan Pakaian

Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, tidak banyak jenis individual yang terlibat dalam industri konveksi pakaian. Ada penjual kain (produsen, distributor atau eceran); pengusaha konveksi itu sendiri, yang memiliki dan menjalankan unit bisnis; penjahit pakaian (yang dapat berlaku sebagai penjahit tunggal maupun kolektif); dan ada juga pihak ketiga seperti pembordir baju, penjual label baju maupun packaging.

Konveksi pakaian terdiri dari beberapa level skala usaha. Konveksi skala besar sering kita dengar dengan istilah garmen atau pabrik garmen. Pabrik garmen mengkaryakan banyak sekali tenaga kerja. Karena skalanya yang cukup besar, penjualannya dapat menembus pasar internasional. Seringkali garmen tidak hanya berlaku sebagai konveksi pakaian saja tapi juga memproduksi bahan mentah seperti benang atau kain.

Konveksi skala menengah-keatas juga memiliki banyak tenaga kerja. Jangkauan penjualan biasanya skala nasional dan juga multinasional. Perbedaannya dengan konveksi skala besar yaitu jumlah pengerjaan produk, tempat dan luas lokasi usaha, jumlah pekerja dan bentuk badan hukum yang diterapkan.

Yang terakhir dan yang paling kecil adalah konveksi pakaian skala industri rumahan. Pekerjanya tidak banyak, paling banyak sekitar 20 orang. Konveksi ini biasanya mempekerjakan kenalan, saudara atau tetangga. Melayani jumlah pemesanan jahit pakaian dalam partai kecil.

penjahit-konveksi

penjahit konveksi

Polemik Kecil Kata Konveksi

Uniknya kata “konveksi” yang digunakan pada industri ini adalah sebuah kata yang salah kaprah dan masih terus digunakan oleh para pelaku di bidang ini; mulai dari customer, pebisnis hingga penyedia bahan. Kata yang paling tepat sebenarnya adalah “konfeksi”.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :

konfeksi/kon·fek·si/ /konféksi/ n
pakaian dan sebagainya yang dibuat secara massal yang dijual dalam keadaan jadi, tidak diukur menurut pesanan, tetapi menurut ukuran yang sudah ditentukan

Sedangkan kata konveksi sendiri bertempat dalam bidang fisika dan memiliki definisi yang berbeda :

konveksi/kon·vek·si/ /konvéksi/ n
1 Geo gerak udara, air, atau cairan lain dengan arah vertikal
2 peristiwa gerakan benda cair atau gas karena perbedaan suhu dan tekanan

Namun karena kita sudah terbiasa menggunakan kata konveksi, tidak pernah ada perdebatan besar untuk mengkoreksi penggunaan kata. Seperti sudah sama-sama saling mengerti konteks yang dimaksud. Tapi mungkin juga malah ada yang tidak mengetahuinya sama sekali.

Nah, penggunaan kata konveksi dikembalikan kepada Anda sesuai konteks dan pengertian. Mana yang paling nyaman Anda gunakan, konveksi atau konfeksi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *